5.18.2012

Cerpen PLAGIATOR



Cerpen Plagiator, karya putriku Thifal, bercerita tentang ulah Kiran yang menjiplak karya tulis milik Ayu, teman sekolahnya. Meskipun pada akhirnya Kiran menyadari kesalahannya dan meminta maaf pada Ayu.

Ide ceritanya terinspirasi dari sebuah kejadian yang dialami sendiri oleh putriku, di mana pada suatu saat dia kehilangan sebuah flahdisk miliknya.  Tetapi konfliknya semata-mata hanyalah pengembangan dari ide itu sendiri, meskipun dia juga memasukkan potongan-potongan pengalamannya dalam cerita itu.  

Saya lupa berapa lama Thifal menyelesaikan cerpennya ini. Mungkin sekitar semingguan, karena ia hanya bisa menulis pada malam hari, seusai belajar. Itu pun kalau tidak keburu ngantuk. Pagi sampai sore ia sekolah. Jum’at libur, tetapi biasanya ia lebih suka main ke rumah temannya sampai sore, atau kadang-kadang teman-temannya yang datang ke rumah. Minggu pun ia harus masuk sekolah, karena ada tambahan pelajaran menjelang Ujian Nasional. Ia sudah kelas enam, dan harus mempersiapkan diri untuk UN.

Kami tidak menyangka ternyata cerpen ini berhasil menjadi Juara Ketiga dalam Lomba Cerpen Nasional Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2011. Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Tuhan, Allah SWT, atas prestasi yang telah diraih putri kami. Harapan kami, dia akan semakin termotivasi untuk berkarya dengan lebih baik, dan tetap rendah hati.

Cerpen Plagiator ini ada dalam buku KKPK ‘Hidung Pinokio Niko’ yang diterbitkan oleh Penerbit DAR! Mizan. Semua cerita dalam buku ini adalah karya-karya terpilih Lomba Menulis Cerpen Tingkat SD yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerja sama dengan Penerbit DAR! Mizan, tahun 2011.

2 komentar:

  1. Selamat ya mbak Thifal..
    Yan..siapa dulu mamanya..:)

    BalasHapus
  2. Makasih, Nanin. Mohon do'anya semoga putri2ku kelak bisa pintar dan berhasil kayak Tante Nanin

    BalasHapus